Alhamdulillah…….Studi Akademik sukses dilaksanakan oleh segenap mahasiswi Program Studi Manajemen Universitas Darussalam Gontor kampus Mantingan Ngawi Jawa Timur. Kegiatan tersebut berjalan selama tiga hari yang dilaksanakan pada hari Senin 4 Maret -Kamis 7 Maret 2019 dengan beberapa obyek kunjungan di kota Malang Jawa Timur dan juga kota Surabaya Jawa Timur. Tujuan dari kegiatan studi akademik ini bertujuan untuk memberikan ilmu pengetahuan, memberikan pengalaman bagi seluruh mahasiswi dan pengetahuan tentang manajemen suatu bisnis terutama yang terdapat dalam sektor riil . Selain itu para mahasisiwi dapat melihat secara langsung dan belajar membandingkan antara teori dikelas dengan aplikasi yang terjadi di lapangan/bisnis.

Obyek Kusuma Agrowisata

Destinasi kunjungi pada agenda tersebut antaralain yaitu DILo Malang, Kusuma Agrowisata, dan Otoritas Jasa Keuangan yang berada di kota MAlang Jawa Timur.Selain itu destinasi kunjungan berlanjut ke obyek Campina ice cream dan Sari Bumi Bangunan yang berada di wilayah kota Surabaya Jawa Timur. Perjalanan studi akademik kali ini didampingi langsung oleh Kepala Program Studi Manajemen, Al-Ustadz Fajar Surya Ari Anggara, S.Tp, M.M. beserta Al-Ustadzah Roghiebah Jadwa Faradisi, SE., M.Ak., CA., Ak.

Kunjungan mahasiswi Manajemen di obyek DILO (Digital Innovation Longue)
Studi akademik di obyek Otoritas Jasa Keuangan
Obyek kunjungan, Campina ice cream

Kunjungan pertama bertempat di DILO (Digital Innovation Longue) Malang. DILO Malang merupakan sebuah perusahaan milik BUMN yang bekerjasama dengan Telkomsel. Basis dari perusahaan tersebut yaitu badan usaha yang mewadahi perusahaan startup pemula. Melalui Mas Zulfikar Alibaba selaku pembicara dalam forum tersebut mahasiswi dan dosen dapat mengetahui tentang perusahaan startup yang saat ini tengan digandrungi oleh masyarakat era 4.0. “Startup tidak bisa tumbuh dengan mudah, ada kemungkinan sebesar 90% bahwa startup akan mengalami kegagalan pada tahun pertama” (kata Mas Zulfikar).Lokasi kedua adalah Kusuma Agrowisata. Perusahaan Manufaktur tersebut memproduksi berbagai olahan yang berbahan baku apel, jambu, dan sirsak. Salah satu produk yang dapat kita temui di pasaran yaitu sari apel Siiplah. Produk Siiplah telah tersebar di 13 cabang yang berada di Jawa Timur dan Jawa Tengah. Selanjutnya kunjungan ke perusahaan Campina ice cream, yang  mana usaha tersebut berdiri berawal dari kesukaan putra sang pendiri terhadap es krim sehingga memotivasi sang ayah yaitu Darmo Hadi Pranoto untuk memproduksi es krim. Salah satu hal yang menarik dari perusahaan es krim Campina yaitu memanfaatkan sel surya yang dialirkan sebagai energi listrik pada setiap ruangan.Kunjungan selanjutnya yaitu Otoritas Jasa Keuangan Malang. Ilmu yang didapat dari kunjungan tersebut yaitu tentang bagaimana mengenali ciri investasi ilegal, kerjasama OJK dengan pemuka agama dan pejabat dalam setiap kebijakan yang dikeluarkan, serta kemudahan yang diberikan OJK dalam penarikan dana. Destinasi terakhir dari studi akademik  adalah bersilaturahmi dengan salah satu Alumni Pondok Modern Darussalam Gontor yaitu Al- Ustadz Anas Asrofi yang memiliki perusahaan dengan omzet 5-6 M per bulan. Perusahaan bahan bangunan awalnya dirintis oleh Bapak Muntaham dengan semangat dakwah dan keagaam yang kental.

Beberapa tips dan pesan yang disampaikan oleh Ustadz Anas selaku pemilik usaha Sari Bumi Bangunan  adalah dalam menjalankan bisnis pilihlah lokasi yang strategis seperti dalam radius 1 km dengan toko lain, perhatikan kebutuhan pasar, tidak segmented dan always ready, memberikan pelayanan yang baik, membangun kepercayaan pada konsumen, sistem keuangan yang tercatat secara manual dan digital, jangan jadi Qorun Jaman Now serta minta doa dan mendoakan keluarga.

SEMOGA AGENDA ACADEMIC STUDY INI DAPAT MEMBERIKAN ILMU, MANFAAT DAN BAROKAH BAGI MAHASISWI MANAJEMEN DAN JUGA MASYARAKAT.AAMIIIIN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.