Pesatnya pertumbuhan penduduk Muslim di dunia sekarang membuat dampak yang besar pada pertumbuhan ekonomi dunia. Pasar halal global yang sekarang menjadi salah satu yang paling menjanjikan sub-sektor di dunia saat ini. Selain itu, alasan untuk ketaatan agama dan kepatuhan terutama untuk Muslim yang tinggal di daerah minoritas, banyak akademisi dan peneliti telah memainkan peran vital mereka untuk menemukan solusi yang lebih baik untuk bergabung dengan kebutuhan industri halal global. Hari ini populasi Muslim di dunia 1,6 miliar orang atau 25% dari dunia populasi telah mencapai 7 miliar. Populasi Muslim tersebar di banyak negara, tetapi ada 56 negara mayoritas Muslim dengan PDB 6,7 triliun dolar. Estimasi pengeluaran global konsumen Muslim di sektor makanan dan gaya hidup sedang diperkirakan menjadi $ 2 triliun 2013 tumbuh 9,5% dari tahun sebelumnya dan diperkirakan akan mencapai $ 37 triliun pada 2019. Angka ini membentuk pasar inti potensial untuk sektor makanan dan gaya hidup halal.

3rd Annual International Conference on Islamic Economics 2016 diselenggarakan oleh Pusat Studi Islam Universitas Sebelas Maret (PSEI UNS) dan Graduate Business School University di Hotel Aston, Solo, Jawa Tengah pada tanggal 30 Agustus 2016. Acting Director Islamic Development Bank Regional Office Kuala Lumpur, Mr. Kunrat Wirasubrata selaku keynote speaker hadir dalam konferensi tersebut. Mr Kunrat menyampaikan pidato kunci dengan topik perkembangan Industri Halal di Indonesia dan Malaysia. Hadir sebagai invited speaker diantaranya Prof Shaya’a Othman dari International Institut of Islamic Thought, Malaysia dan Dr.Ascarya dari Bank Indonesia. Dalam konferensi ini Fakultas Ekonomi dan Manajemen UNIDA Gontor mengirimkan tiga orang dosen sebagai pemakalah. Adapun sub tema makalah yang diangkat oleh delegasi dosen fakultas ekonomi dan menajemen adalah sebagai berikut,

Master Plan Framework and Innovation Driven in Indonesia Halal Industry oleh Fajar Surya Ari Anggara selaku dosen program studi manajemen fakultas ekonomi dan manajemen universitas Darussalam Gontor,

Effect of Price Perception, Service Quality, and the Image of Intention to Costumers for Word of Mouth with Satisfaction As Variable Mediation (Survey BPJS in Ponorogo) oleh Dhika Amalia Kurniawan selaku dosen program studi manajemen fakultas ekonomi dan manajemen universitas Darussalam Gontor,

Orbit Model Strategy for Developing a Group of New Entrepreneurs: A Case Study of Entrepreneurship Development in the Processed Fish on a Group of Fishermen at Ketah Situbondo oleh Mohammad Zaenal Abidin selaku dosen program studi manajemen fakultas ekonomi dan manajemen universitas Darussalam Gontor,

Konferensi ini sangat bermanfaat untuk mendiskusikan gagasan solutif dalam mengembangkan ekonomi islam, perbankan syariah dan industri halal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.