APA SAJA KEUTAMAAN PUASA DAUD YANG HARUS KALIAN KETAHUI?

Banyak perkara sunnah yang bisa dilakukan oleh umat islam, salah satunya puasa daud. Amalan sunah adalah sebuah amalan yang bisa mengantarkan seseorang untuk mendapatkan kebaikan serta pahala dari Allah SWT. Sedangkan puasa daud sendiri adalah puasa yang di contohkan oleh Nabi Daud As semasa hidupnya dulu. Tatacara pengerjaannya adalah dengan dilakukan secara selang-seling, satu hari puasa dan hari berikutnya tidak.

Puasa daud boleh dilakukan kapan saja dan hari apa saja, namun untuk waktu-waktu tertentu yang diharamkan untuk berpuasa, maka tidak boleh melaksanakan puasa daud. Biasanya waktu-waktu tersebut adalah saat idul adha (termasuh hari tasyrik) dan idul Fitri (1 syawal).

Tata cara melakukan puasa daud sama seperti puasa pada umumnya. Pertama-tama kalian harus berniat terlebih dahulu, kurang lebih niatnya seperti ini:

Naiwaitu Shauma Daawuda Sunnatal Lillahi Ta’ala”

yang artinya: ‘’saya niat puasa Daud, sunah karena Allah Ta’ala” dilanjutkan dengan makan sahur, apabila tidak sempat cukup niat maka tidak apa-apa.

Selanjutnya akan saya jelaskan keutamaan-kutamaan puasa daud yang harus kalian ketahui:

  1. Puasa yang paling disukai Allah

Hal ini tercantum dalam hadist Shahih Bukhari yang berbunyi:

”Puasa yang paling disukai di sisi Allah adalah puasa Daud, dan shalat yang paling disukai Allah adalah Shalat Nabi Daud As. Beliau biasa tidur di pertengahan malam dan bangun pada se- pertiga malam terakhir dan beliau tidur pada se-perenam malam terakhir. Sedangkan beliau biasa berpuasa sehari dan buka sehari.” (HR. Bukhari).

Banyak puasa sunnah yang bisa dilakukan selain puasa daud, seperti puasa senin dan kamis, puasa Syawal, dan puasa-puasa lainya. Namun sudah seperti yang kita ketahui sekarang bahwa puasa yang paling disukai oleh Allah adalah puasa daud.

  • Puasa sunnah paling afdhal

Disebutkan oleh syekh Abdurrahman Al Juzairi dalam fiqih empat madzhab merekomendasikan puasa daud sebagai puasa yang paling Afdhal. Bukti tersebut berbunyi sebagai berikut:

“Di antara puasa yang dianjurkan adalah puasa Daud. Yakni satu hari puasa dan satu hari tidak. Di dalam hadist nabi Muhammad SAW disebutkan bahwa puasa ini adalah puasa sunnah paling afdhal.”

Dari keterangan diatas dapat disimpulkan bahwa puasa Daud adalah puasa yang paling afdhal bahkan sangat dianjurkan untuk umat Islam tentunya. Hal ini karena banyak sekali hikmah yang didapatkan dari puasa ini. Bahkan bisa dibilang juga sebagai bentuk keistiqomahan umat islam dalam beribadah kepada Allah SWT.

  • Dimudahkan segala urusan

Melaksanakan puasa daud secara tidak langsung dapat mendekatkan diri kepada allah ta’ala. Dalam melakukan puasa hanya ridhanya lah yang kita harapkan karena hanya allah lah yang bisa dimintain tolong apabila kita memiliki segalal urusan dan masalah. Seperti halnya nabi daud dahulu kita harus konsisten agar kita bisa lebih dekat kepada allah ta’ala. Apabila allah sudah ridha dengan apa yang kita kerjakan maka, bisa jadi Allah akan mempermudah semua urusan kita.

Bahkan saat seseorang berpuasa daud Sebagian ulama percaya, itu adalah salah satu waktu paling di ijabahnya doa. Sisanya tinggal ikhtiar dan keyakinan bahwa doa kita akan dikabulkan oleh Allah SWT.

  • Menjaga diri dari perbuatan maksiat

Setan, iblis, jin dan banyak lagi golongan mereka tidak suka apabila manusia melakukan kebaikan atau ibadah kepada Allah Ta’ala. Sudah tugas mereka untuk mengganggu dan mengajak sebanyak-banyaknya manusia untuk pergi ke neraka di akhirat nanti. Banyak manusia yang tidak sadar bahwa mereka sudah terjerumus dalam lubang maksiat yang dalam, ini bisa jadi karena banyaknya dosa dan maksiat yang mereka lakukan sehingga hati mereka tertutup dari cahaya serta petunjuk Allah Ta’ala. Nah puasa daud hadir untuk manusia agar lebih bisa mengendalikan nafsunya dari perbuatan-perbuatan maksiat, saat jin atau setan membisikkan keburukan terhadap manusia tersebut agar terdapat benteng penghalang sehingga insan tersebut tidak jadi melakukan keburukan yang bisa mendatangkan murka Allah kepadanya.

  • Baik untuk Kesehatan

Banyak peneliti yang sudah melakukan penelitina terhadap Kesehatan seseorang yang rutin berpuasa daud. Seteleh kalian mengetahui keutamaan-keutamaan diatas maka setelah ini akan kami deskripsikan dalam Kesehatan jasmani kalian:

  • Merupakan salah satu cara sehat untuk menurunkan berat badan karena kadar insulin dan asupan kalori dalan tubuh berkurang.
  • Dapat memperbaiki fungsi sel yang sudah rusak
  • Puasa daud mampu menurunkan tekanan darah tinggi sehingga resiko terkena serangan jantung dapat berkurang.
  • Meningkatkan pola hidup masyarakat agar menjadi lebih sehat: seperti menyehatkan otak dan pikiran, membuat kualitas tidur menjadi lebih baik, hingga menambah semangat hidup setiap orang yang menjalaninya agar menjadi lebih baik.

Nah, gimana masih belum tertarik untuk melakukan puasa daud?, kalaupun kalian merasa belum kuat karena pekerjaan yang banyak misal, kalian bisa memulainya dengan niat terlebih dahulu.

Mohamad Rohman Alim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Translate »