APA SAJAKAH MANFAAT INVESTASI SAHAM?

gambar naik turunnya saham di pasar saham

Mungkin, kita sebagai mahasiswa umumnya berpikir bahwa bentuk dari menabung atau berinvestasi itu terbatas. Misal hanya membeli emas batangan maupun tanah, tapi tidak hanya itu yang bisa dilakukan untuk berinvestasi, adapula yang dinamakan dengan investasi saham. Nah sebelum kita melakukan investasi saham ini, kita harus lebih dahulu mengetahui apa itu saham dan bagaimana cara melakukannya!.

Apa itu investasi saham? Pengertian saham itu sebenarnya mudah dikalangan masyarakat bisnis maupun di kalangan mahasiswa sendiri. Saham adalah bukti atau tanda sah kepemilikan modal seseorang terhadap suatu bidang usaha atau perusahaan. Artinya, seseorang yang memiliki saham di suatu perusahaan berhak mendapatkan profit serta aset perusahaan tersebut. Dikarenakan saham adalah tanda penyertaan modal seseorang atau suatu badan usaha dalam suatu perusahaan, maka orang atau pihak tersebut memiliki klaim atas pendapatan perusahaan, aset perusahaan, dan bahkan berhak hadir dalam Rapat Umum Pemegang Saham atau yang biasa disebut RUPS.

Bagaimana cara kita jika ingin melakukan investasi saham? Masih banyak yang belum paham soal cara berinvestasi saham yang baik oleh masyarakat, khususnya bagi pemula yang ingin melaksanakan investasi tersebut. Padahal, investasi ini bisa sangat menguntungkan meski resikonya tinggi. Investasi saham tentu bisa menjadi sarana untuk mewujudkan cita-citamu yang satu ini. Karena dengan membeli saham, kamu sama saja dengan membeli perusahaan yang bersangkutan. Khusus buat pemula yang ingin melakukan investasi saham, ada beberapa langkah-langkah yang harus dilakukan oleh pemula secara online, diantaranya :

  1. Pilih perusahaan sekuritas
  2. Sertakan dokumen yang disyaratkan
  3. Setor dana ke Rekening Dana Nasabah atau RDN
  4. Unduh aplikasi untuk membeli saham
  5. Transaksi saham
  6. Settlement

Apa saja keutungan yang akan kita dapat dari investasi saham? Keuntungan saham disebut-sebut lebih menarik ketimbang keuntungan investasi lainnya. Investasi saham kini banyak dilirik orang karena dapat menambah isi pundi-pundi kekayaan dalam jumlah cukup besar walaupun besar juga risikonya. Cerita keberhasilan investasi saham para investor bisa jadi contoh kamu dalam belajar cara investasi saham. Selain itu, pastikan kamu memahami keuntungan dan risikonya. Ada beberapa hal yang akan diperoleh seorang investor dari investasi saham, yaitu :

  1. Dividen

Keuntungan saham pertama adalah dividen merupakan pembagian laba yang akan diberikan perusahaan kepada para pemegang saham. Nah, dividen itu sendiri berasal dari keuntungan yang diperoleh oleh perusahaan. Dividen itu sendiri terbagi dalam dua jenis, yaitu tunai dan saham. Kalau dividen tunai yang dibagikan, berarti perusahaan akan memberikan uang tunai kepada pemegang saham per satu lembar saham yang mereka miliki. Sementara dividen saham artinya perusahaan tersebut memberikan dividen berupa saham. Dengan demikian, jumlah saham yang dimiliki investor akan bertambah. Akan tetapi, ada juga perusahaan yang tidak membagikan dividen kepada pemegang saham walaupun mereka memperoleh laba. Umumnya perusahaan tersebut ingin melakukan ekspansi atau mengembangkan usaha. Tapi biasanya hal ini dilakukan oleh perusahaan yang dalam tahap pengembangan.

  • Capital Gain

Keuntungan saham kedua adalah capital gain, yaitu keuntungan yang diberikan oleh perusahaan kepada pemegang saham dari hasil selisih harga beli dan harga jual saham. Jadi, harga jual harus lebih tinggi ketimbang harga beli. Nah, capital gain itu umumnya terbentuk karena adanya aktivitas perdagangan di bursa efek.

  • Punya hak ikut RUPS karena telah menjadi bagian pemilik perusahaan

Selanjutnya adalah punya hal dalam mengikuti Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Dalam RUPS, kita bisa mengetahui pemaparan tentang rencana perusahaan ke depan, pembagian dividen, dan informasi mengenai laporan tahunan atau laporan keuangan perusahaan.

  • Modal kecil, keuntung besar

Keuntungan saham keempat adalah modal cenderung kecil. Banyak orang gemar bermain saham karena mereka hanya perlu menggelontorkan modal yang cukup kecil ketimbang kebanyakan usaha lain. Faktanya, persentase keuntungan yang akan didapatkan dari investasi saham ternyata cukup menjanjikan.

  • Fleksibel dalam melakukan investasi

Investasi saham adalah aktivitas yang sangat fleksibel. Bahkan, kamu bisa melakukannya tanpa harus mengorbankan waktu dari pekerjaan utama. Terlebih kemajuan teknologi memungkinkan kamu untuk memantau aktivitas bursa efek di mana saja dan kapan saja melalui genggaman smartphone atau laptop. Dengan begitu, kamu tetap dapat beraktivitas seperti biasa sekaligus menghasilkan uang dari investasi yang kamu tanamkan.

  • Aman dan transparan

Investasi saham termasuk usaha bisnis yang aman dan sangat transparan. Sebab semua aktivitas jual dan belinya dilakukan dalam satu ruang lingkup saja, yaitu bursa efek. Ini menjadi keuntungan saham yang perlu kamu pertimbangkan.

Apakah investasi saham terdapat resikonya? Sama halnya dengan keuntungan, investasi saham pastinya terdapat beberapa resiko yang harus ditanggung oleh seorang investor, diantaranya :

  1. Capital loss

Risiko pertama yang mungkin kamu alami dari investasi saham itu adalah kebalikan dari capital gain yaitu capital loss. Ini terjadi ketika harga jual lebih rendah dibanding harga beli.

  • Suspend

Selain capital loss, suspend merupakan salah satu risiko dari investasi saham. Jadi, maksudnya di sini adalah saham terkena suspend atau diberhentikan perdagangannya oleh oleh bursa efek. Dengan begitu, berarti para investor tidak bisa menjual sahamnya hingga suspend-nya dicabut. Jangka waktunya pun bervariasi. Namun pada umumnya suspend berlangsung dalam waktu singkat yaitu satu hari perdagangan. Namun, kadang ada juga suspend yang berlangsung selama beberapa hari. Setelah melihat artikel diatas, mahasiswa maupun masyarakat yang ingin melakukan investasi saham dapat mengetahui keuntungan yang didapat setelah berinvestasi saham, tetapi apabila kita salah dalam melakukan projek ini ataupun cara yang kita gunakan salah akan berakibat fatal, sehingga dapat menimbulkan kerugian yang lumayan besar seprti yang telah dicantumkan diatas. Oleh karena, seorang investor pemula dapat mempelajari terlebih dahulu cara-cara maupun strategi yang tepat untuk digunakan sehinngga meminimalisir terjadinya kerugian dalam berinvestasi.

(Muhammad Iqbal Abdillah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Translate »