APAKAH FUNGSI QUALITY CONTROL BAGI SEBUAH PRODUK?

Quality control atau disebut juga dengan kendali mutu adalah salah satu divisi dari manajemen produksi yang memiliki peran dan ketentuan sendiri dalam pengontrolan, proses produksi, pengemasan hingga mengeluarkan sebuah produk dari perusahaan.

Tujuan dari pengontrolan produk yang dilakukan oleh divisi quality control yaitu menjunjung kepuasan konsumen dan mendatangkan loyalitas customer terhadap produk.

Quality control dibutuhkan oleh perusahaan untuk memastikan bahwa produk yang diproduksi dan dipasarkan memiliki kriteria standar kualitas yang memenuhi persyaratan klien atau pelanggan. Biasanya penerapan pengendalian mutu dilakukan diperusahaan industri maupun non industri yang besar, adapun produk home industry jika menduplikasikan metode QC maka, hal ini akan mempertahankan bahkan meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan.

Adapun langkah langkah dalam pengendalian mutu (quality control) yang harus diperhatikan,

  1. konsistensi kualitas, menentukan standar kualitas dari produk yang kurang baik sampai yang terbaik.
  2. tanggung jawab kualitas, pemeliharaan standar produk yang dilakukan divisi QC guna mendapatkan loyalitas customer.
  3. statistical sampling, memilih sejumlah produk untuk di perksa kembali dengan tujuan untuk memastikan apakah produk mengalami kegagalan produksi atau tidak sesuai dengan standarisasi kualitas produk.
  4. pengendalian proses, melakukan inspeksi terhadap proses produksi dengan peralatan yang sudah ditetapkan oleh perusahaan.
  5. Riset pasar; penelitian untuk mendapatkan respon dari customer terhadap kualitas produk, bertujuan untuk memperoleh desain tentang produk.

Dalam proses perbaikan kualitas produk harus ada konsep PDCA (plan, do, chek, action) konsep PDCA yakni strategi untuk mengidentifikasi maslah dan mencari sebab-sebab yang ditimbulkan mulai dari proses produksi hingga pemasara. Selain itu, konsep ini juga menjadi patokan untuk pengontrolan kualitas produk sekaligus untuk menetapkan standar pelayanan.

Business group greets leader with clapping and smiling

            Manfaat dari konsep PDCA untuk kenyamanan produk yang berkualitas anatara lain:

  1. memudahkan divisi QC untuk memetakan standarisasi kualitas produk.
  2. sebagai acuan kerja dalam proses perbaikan.
  3. untuk mengendalikan permasalahan akibat kegagalan dari proses produksi dengan pola yang sistematis
  4. dan menjadikan kegiatan prolonged improvement.

Pengertian plan dalam konsepPDCA yaitu merencakan sasaran dan proses untuk mengidentifikasi kegagalan produksi dan merumuskan masalah. DO dalam konsp PDCA yaitu melakukan perencanaan proses yang sudah ditetapkan dan menghindari penundaan yang mengakibatkan kemacetan dalam pengontrolan kualitas produk. Check dalam PDAM yaitu melakukan evaluasi terhadap sasaran dan proses serta melaporkan hasil keseluruhan. Action dalam PDAM melakukan evaluasi total terhadap hasil sasaran dan menindaklanjuti dengan perbaikan-perbaikan, Menindaklanjuti hasil berarti melakukan standarisasi perubahan seperti mempertimbangkan area mana saja yang mungkin diterapkan, merevisi proses yang sudah diperbaiki dan melakukan modifikasi standar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Translate »