Foto bersama di depan Hello Steak Lovers

Program Studi Manajemen Universitas Darussalam Gontor menyelenggarakan kegiatan akademik tahunan bagi para mahasiswa/i semester 2, yaitu Company Visit. Kegiatan Company Visit pada semester ini dilaksanakan secara offline meskipun pandemic Covid 19 ini belum hilang secara total bahkan muncul covid varian baru yang disebut Omicron, tetapi mahasiswi dapat melaksanakan kegiatan ini dengan tetap mengikuti protocol kesehatan yang ada saat kunjungan langsung ke beberapa perusahaan maupun instansi terkait.

Mahasiswi semester 2 mengunjungi  beberapa instansi maupun perusahaan untuk mendapatkan pengetahuan juga pengalaman dari segi manajemen. Diantara beberapa instansi yang dikunjungi adalah Batik Gunawan Setiawan dan Wesja (Wedangan dan Masakan Jawa) Solo, pasar sore Malioboro Yogyakarta, Bakpia Wong Yogyakarta, dan WSS (Waroeng Steak and Shake) Yogyakarta. Acara ini dilaksanakan selama 2 hari yaitu hari Selasa, 8 Februari 2022 dan juga Rabu, 9 Februari 2022.

Proses Pembutan Batik

Kunjungan awal kami di hari pertama adalah ke Batik Gunawan Setiawan dan Wedangan dan Masakan Jawa yang beralamat di Jalam Cakra 21, Kauman, Pasar Kliwon, Solo. Disini kami bukan hanya belajar bagaimana mengelola suatu usaha dalam tempat wisata, melainkan seberapa penting perang tempat wisata dapat mendorong perekonomian masyarakat local melalui sebuah usaha yang dibangun.

Kemudian dilanjutkan dengan kunjungan analisis pasar menuju Pasar Sore Malioboro Yogayakarta. Malioboro kali sedikit berbeda dari sebelumnya. Jika sebelumnya kita melihat banyak pedagang kaki lima di penjuru pandangan yang membuat kawasan ini padat dan tidak teratur, namun sekarang ini pemerintah Kota Yogyakarta sendiri mengeluarkan sebuah kebijakan untuk mengatur kawasan sepanjang Jalan Malioboro ini agar kawasan tersebut tidak semakin padat dan tidak teratur. Maka jangan heran jika kita tidak lagi menemukan pedagang kali lima yang berserakan di sepanjang Jalan Malioboro.

Di hari kedua kami bersama Bakpia Wong yang bertempat di J. HOS Cokroaminoto no. 149, Tegalrejo, Kota Yogyakarta. Usaha ini mengajarkan kami bagaimana menjalankan system pemasaran yang baik agar dapat mempertahankan konsumen lama dan menjaring banyak konsumen baru sebagai pebisnis muda.

Dan kunjungan kami dihari kedua sekaligus kunjungan akademik kami yang terakhir adalah Waroeng Steak and Shake yang beralamat di Jl. Bantui, Dongkelan, Panggungharjo, Sewon, Yogyakarta. Unit usaha ini mengajarkan kami bahwa sesulit apapun kondisi yang dialami dapat terlewati dengan inovasi dan kreativitas dalam berbisnis serta tingkat kepercayaan kita pada Allah, maka hal yang tidak mungkin menjadi sangat mungkin, salahsatunya adalah mendirikan tiga cabang dalam satu hari pada tahun 2020 lalu.

Dan acara Company Visit kali ini pun berjalan dengan lancar diiringi dengan bertambahnya pengetahuan seluruh mahasiswi program Studi Manajen semester 2 ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.