Ustadz Fajar Surya Ari Anggara,MM. sebagai pemateri pertama dalam pembekalan santri dan santriah kelas 6 2019/2020, Pondok Pesantren Darul Amanah Sukorejo Kendal Jawa Tengah pada tanggal 17-18 September 2019 ini membawakan materi tentang profil program studi manajemen dan mindset kewirausahaan: Santripreneur Muda. Mengawali materinya, Ustadz Fajar menyampaikan beberapa contoh peluang usaha bisnis dari unit usaha pesantren yang juga bisa dikembangkan dari proses pembelajaran kreativitas dari kalangan santri.


Seorang santri menanyakan bagaimana nantinya jika lulus dari pesantren untuk memulai usaha bisnis. “Begini Akhi, dalam kitab shahihnya, Imam Bukhari mengatakan:

بَابٌ العِلمُ قَبلَ القَولِ وَالعَمَلِ
“Bab: Ilmu sebelum ucapan dan perbuatan”
Nah Berbisnis itu juga ada ilmunya. Di Universitas Darussalam Gontor ada Program Studi Manajemen yang juga belajar tentang mengelola bisnis. Belajar bersama mahasiswa lainnya nanti bisa sambil praktik di ajang Entrepreneur Days.

Berwirausaha itu bukan soal bakat tapi juga soal latihan yang didukung mental yang kuat. Latihan Merencanakan atau Planning. Latihan Mengatur, mengelompokkan atau Organizing. Latihan memimpin atau Leading. Latihan mengevaluasi bisnis atau Controlling. Yang terpenting tetap menjalani bagaimanapun Allah menentukan takdir-Nya. Banyak sedikitnya berkah. Berusaha bersungguh sungguh mengelola bisnis untung banyak juga Alhamdulillah. Tapi jangan lupa ya sedekahnya juga melimpah. Ingat, yang terpenting, muliakan ibu kalian, orang tua kalian. Muliakan ustadz Ustadzah kalian, juga Pesantren kalian. Karena doa doa darinya, kalian akan menjadi orang sukses mulia in sha Allah. Santripreneur Muda, Bisa Luar Biasa!.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.