Pelanggan adalah aset yang sangat produktif bagi setiap perusahaan. Sebuah perusahaan tidak akan memperoleh pendapatan, keuntungan tanpa hadirnya serta kontribusi seorang pelanggan. Dengan adanya komunikasi serta hubungan yang baik antara pihak perusahaan dan pelanggan, tentunya itu akan memberikan dampak positif dalam mendapatkan aset bagi perusahaan, agar tetap berdiri kokoh, mampu bersaing dengan perusahaan lain, serta mampu memberikan dan membuka lowongan pekerjaan yang banyak bagi khalayak ramai yang membutuhkan.
Hubungan baik antar perusahaan dan pelanggan sangatlah fundamental untuk dilakukan perusahaan, karena meningkatkan hubungan bagi pelanggan merupakan salah satu etika dalam berbisnis. Jika perusahaan mampu mewujudkan hubungan baik terhadap pelanggan, maka pelanggan akan merasakan energi daya tarik dalam berkontribusi ataupun adanya ketertarikan pelanggan dalam membeli suatu produk atau jasa yang ditawarkan oleh pihak perusahaan. Oleh karena itu, menjalin hubungan antar pelanggan sangatlah penting dan harus dijadikan sesuatu yang fundamental dalam berbisnis.
Menurut Rinny E. Kalado dalam riset jurnalnya https://media.neliti.com, dia memiliki gagasan bahwasanya dalam penggunaan sistem manajemen untuk membina suatu hubungan antar pelanggan, dia memberikan gagasan diantaranya dengan menerapkan sistem Customer Relationship Management (CRM), Customer Relationship Management banyak diterapkan oleh manajemen perusahaan untuk meraih dan memenangkan persaingan. Penelitian ini bertujuan untuk menyadari dampak, pengaruh secara simultan dan parsial Customer Relationship Mangement.
Persaingan bisnis yang sangat ketat dan selektif, memaksa pihak perusahaan atau para pelaku bisnis perlu melakukan strategi yang lebih produktif dalam menentukan produk dan jasa yang dapat memikat para pelanggan. Rata-rata pesaing bisnis akan melakukan segala cara agar mampu meluaskan loyalitas para pelanggan. Untuk membentuk hubungan baik dan menumbuhkan banyak pelanggan yang loyal, menurut https://umkm-id.com, berikut adalah kaidah yang dapat dilakukan:

  1. Jangan pernah mengabaikan pelanggan
  2. Meningkatkan mutu dan kualitas produk
  3. Membangun kepercayaan bagi pelanggan
  4. Berinovasi dalam menciptakan produk atau jasa
  5. Fokus pada visi dan misi bisnis yang ditekuni

PENULIS: MASYHURI AZHAR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.