Jiwa Seorang Pemimpin

Business group greets leader with clapping and smiling

Jiwa pemimpin harus ada dalam setiap orang baik wanita maupun pria paling tidak, jika kita tidak memimpin suatu organisasi atau tim. kita telah memulai memimpin diri kita sendiri, Nah ngomong ngomong pemimpin, apasih itu pemimpin? Dan bagaimana jiwa pemimpin itu? Hm. Suradinata (1997:11) berpendapat bahwa pemimpin adalah orang yang memimpin kelompok dua orang atau lebih, baik organisasi maupun keluarga. Sedangkan kepemimpinan adalah kemampuan seorang pemimpin untuk mengendalikan, memimpin, mempengaruhi fikiran, perasaan atau tingkah laku orang lain untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya. Nah dapat di simpulkan bahwa pemimpin adalah salah satu syarat untuk mencapai tujuan yang telah di tentukan sebelumunya.

Kebanyakan orang yang merasa dirinya telah memiliki jiwa seorang pemimpin. Jika kamu termasuk yang merasa memiki jiwa jiwa pemimpin maka kamu harus tahu beberapa hal dasar mengenai leadership.

  • Memiliki visi dan misi yang jelas

            Seorang pemimpin wajib memiliki visi misi yang jelas. Lah ini akan membatu bagaimana setiap kali bertindak ataupun mengambil sebuah keputusan, dengan visi misi yang jelas bawahan kamu akan paham kemana organisasi yang kamu pimpin akan melaju. Ketika visi misi belum jelas maka organisasi akan sangan mudah terombang ambing tiap kali angin masalah datang ke organisasi.

  • Mampu berkomuniksi dengan baik, baik soal memotivasi ataupun mengeduksi.

            Seorang leadership bukan hanya memerintah bawahan saja. Seorang leader atau pemimpin lebih mendorong bawahanya dengan memotivasi dan mengeduksi bawahanya untuk menciptakan lingkunga kerja yang produktif dan semangat kerja yang tinggi.

  • Care terhadap lingkungan

            Seorang pemimpin bukan hanya memerintah tugas tugas perusahaan atau organisasi tapi dia harus peka terhadap lingkungan yang ada di sekitarnya karena setia karyawan memiliki masalah masalah pribdi dan latar belakangan yang berbeda. Dalam pengambilan keputusan yang berupa kebijakan tidak boleh seenaknya harus memperhatikan keadaan bawahannya dan buat setiap kebijakan harus memikirkan juga yang terbaik baik untuk organisasi ataupun tim kamu.

  • Mampu menciptakan suasana yang nyaman

            Salah satu tantangan seorangan pemiminp adalah menciptakan lingkungan yang nyaman karena kenyaman mempengaruhi kualitas kerja. Suasana yang terlalu mencekan akan membuat tim stres dan jika suasana terlalu santai akan membut tim terlau beleha leha sehingga pekerjaan tidak selesai seleseai.

  • Bersikap nertal dan berkepala dingin

            Dalam mengambil keputusan sering terjadi konflik dan perdebatan. Dan pastikan setiap keputusan yang di ambil dalam keadaan otak dingin dan enteral dan hindari mengambil kebijakan karena anak orang emas di perusahaan.

Nah setelah membaca artikel ini gimana apakah udah ada semua dalam diri kamu? Komenyah dibawah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Translate »