Sahabat…. Tidur memang salah satu kebutuhan tubuh dan juga merupakan nikmat yang luar biasa Alloh berikan kepada setiap mahluknya. Dengan masa tidur itulah kita dapat melakukan istirahat terhadap otak dan badan kita untuk dapat kembali beraktifitas dan menjaga kesehatan kembali.

Namun… dalam agama islam, hal tidur tersebut tidak dibiarkan bebas begitu saja kapan dapat dilakukannya, sebab tentu tidur tersebut ada yang dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan dan keberkahan hidup juga sebaliknya.

Lalu…kapankah waktu-waktu yang dilarang untuk umat muslim berkaitan dengan tidur tersebut?

  • Tidur yang dilakukan sepanjang hari

Tidaklah baik bagi manusia jika menghabiskan waktunya untuk bermalas-malasan dengan melakukan tidur sepanjang hari. Selain tidak membuat badan sehat justru tidur sepanjang hari membuat tubuh tidak sehat dan dapat dikatakan makruh. Kecuali bagi mereka yang memang berhalangan karena sakit atau kondisi lemah lainnya.

Dalam islam justru kita dianjurkan untuk mengurangi tidur dan melaksanakan aktifitas yang bermanfaat seperti berdagang, beribadah, melaksanakan aktifitas yang membawa barokah dan lain sebagainay dengan seimbang.

  • Tidur yang dilakukan di pagi hari setelah subuh

Setelah subuh hingga datangnya pagi adalah waktu yang penuh dengan keberkahan dari Alloh SWT, untuk itu manusia dianjurkan memanfaatkan dengan sebaik baiknya yaitu melakukan aktifitas yang bermanfaat tidak dengan tidur. Di waktu itu manusia dianjurkan menjemput rahmat Alloh misalnya dengan berdoa, bersiap-siap untuk bekerja dan berniat yang baik untuk melakukan aktifitas yang akan dilakukannya sepanjang hari tersebut.

  • Tidur menjelang magrib

            Setelah waktu asyar tiba hingga menjelang waktu magrib adalah waktu yang dimakruhkan   untuk tidur sebab waktu tersebut adalah pergantian siang ke waktu malam/ terbenamnya matahari. Waktu ini sebaiknya digunakan untuk aktifitas yang lebih bermanfaat seperti membersihkan diri, berdoa, menunggu waktu magrib dengan berdzikir, membersihkan tempat tinggal dan bersiap untuk menunaikan sholat magrib.

  • Tidur yang dilakukan sebelum kita melaksanakan sholat isya

Waktu sholat isya tiba tidak berselang lama dengan waktu sholat magrib. Namun kebanyakan orang lebih memilih untuk menonton televisi dan ketiduran hingga larut malam bahkan ada yang melewatkan sholat isya hingga datangnya pagi. Astagfirulloh hal adzim…

Sangat dianjurkan bagi umat islam untuk menunaikan kewajiban sholat isya sebelum mereka hendak tidur. Sebab kewajiban utama yang wajib dilakukan adalah sholat isya nya yang dikhawatirkan akan terlewat dengan tidur panjangnya, lebih baik jika sholat isya ini segera dapat dilaksanakan dan dilanjutkan dengan berdzikir, mengaji, berdoa dan sholat witir.

  • Tidur yang dilakukan setelah kita selesai makan

Memang terasa nikmat dan enak ketika perut kenyang dan kita rebahan hingga akhirnya tertidur. Secara kesehatan hal ini tentu sangat tidak sehat dan merugikan tubuh kita. Selain dapat adanya penumpukan lemak dapat menyebabkan obesitas, gangguan pencernaan dan membahayakan kelancaran organ tubuh lainnya. Maka sebisa mungkin tunggulah beberapa waktu/saat hingga makanan yang kita makan turun ke perut dengan sempurna dan proses pencernaan dapat berjalan dengan lancar. Sehingga tubuh kita tetap sehat dan makanan yang kita konsumsi membawa barokah untuk kita.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua…. Allohumma amiiiin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.