KENAPA KITA SERING TELAT BANGUN SUBUH?

Sudah sewajarnya kita sebagai umat Islam agar selalu melaksanakan sholat subuh dipagi hari. Sholat subuh adalah satah satu sholat wajib yang harus dikerjakan oleh umat islam setiap harinya. Allah SWT. Memerintahkan kepada kita semua agar melaksanakan  sholat tepat waktu sesuai sunah Nabi Muhammad Shollallohu ‘alaihi wasallam. Seperti harus melakasanakan sholat subuh sebelum matahari terbit. Namun, adakalanya manusia lalai dan telat bangun karena hal-hal tertentu.

Ada banyak alasan seseorang sangat susah untuk bangun lebih awal untuk melaksanakan sholat subuh. Berikut adalah beberapa faktor yang bisa menjadi alasannya

  • Kurang tidur

Faktor paling mempengaruhi bangun subuh seseorang adalah apakah mereka memiliki jam tidur yang cukup atau tidak. Manusia akan merasa ngantuk ketika tubuh terasa sangat lelah. Maka dari itu, ketika tubuh manusia lelah dan tidak di istirahatkan, maka rasa ngantuk akan melanda. Akibatnya memerlukan waktu lebih untuk istirahat. Waktu subuh pun digunakan oleh tubuh kita menambal jam tidur atau istirahat yang dirasa kurang oleh metabolisme tubuh maka dari itu, agar hal tersebut tidak terjadi, tidur lebih awal adalah pilihan paling tepat untuk mengurangi bangun subuh terlambat.

Waktu istirahat seseorang berbeda tergantung dengan umur, keturunan dan kondisi fisik dia saat itu. Saat usia masih bayi, kita cenderung harus mendapatkan waktu istirahat yang lebih. Sekitar 14 sampai 17 jam waktu yang diperlukan oleh bayi yang berumur 0 sampai 3 bulan untuk tidur.semakin dewasa semakin kuat tubuhnya untuk tidak terlalu banyak istirahat. Usia remaja sampai dewasa hanya butuh waktu 7 sampai 9 jam saja untuk mereka istirahat. Tentunya hal tersebut sesuai dengan aktifitas mereka saat itu. Ketika banyaknya aktifitas yang mereka jalankan, otomatis banyak pula waktu yang harus mereka pakai untuk istirahat.

  • Gangguan kesehatan

Bukan hanya jam tidur yang dapat menghambat bangun subuh, salah satu faktor lainnya adalah kesehatan. Ada banyak alasan medis yang memaksa seseorang butuh jam istirahat lebih, diantaranya

  • Jam biologis lambat

Ada beberapa orang yang memiliki jam biologis yang lambat. Mereka adalah orang yang selalu membiasakan dirinya untuk tidur terlalu larut malam tanpa adanya tidur siang esok harinya. Secara teori hal tersebut akan berakibatkan pada jam bangun tidurnya juga yang semakin pagi.

Bagi mereka yang kantuknya selalu datang terlambat, maka akan kesulitan bangun seok harinya. Maka dari itu, kebiasaan tidur awal akan sangat berpengaruh terhadap bangun pagi keesokan harinya.

  • Bawaan genetik

Sifat yang selalu malas bangun ketika subuh bisa mengakibatkan keturunannya memiliki sifat yang sama. Dari aktifitas orang tuanya yang selalu bangun telat, akan menimbulkan sang anak menganggap hal itu sudah biasa dan bukan hal yang aneh bagi mereka. Tentu hal tersebut sangat harus dihindari oleh orang tua terutama yang memiliki anak yang masih balita ataupun remaja. Menjadi contoh yang baik secara tidak langsung bisa memotivasi anaknya.

  • Penyakit sulit bangun (Dysania)

Penyakit ini yang membuat kita sulit bangun meskipun alarm tetap bunyi berkali-kali. Penyakit ini juga membuat orang tersebut sulit untuk beranjak dari tempat tidur. Hal itu membuat mereka ingin selalu rebahan di kasur dan sulit untuk bangun. Hal itu bisa mengakibatkan stress dan depresi.

  • Kurang usaha atau niat

Ketika keyakinan seseorang telah bulat dan kokoh, segala macam cara dilakukannya demi mancapai apa yang dia inginkan. Sama halnya dengan bangun subuh. Orang yang memiliki niat untuk bangun subuh pasti akan mempersiapkan segala-galanya. Sebagai contoh adalah alarm HP, minta dibangukan kepada kerabatnya atau orang yang ada didekatnya, sengaja untuk tidur lebih awal, dan sebagainya.

Adapun beberapa ulama mengajarkan bahwa agar selalu bangun subuh, hendaknya sebelum tidur melakukan bebera hal. Sepeti berwudhu, dzikir, membersihkan tempat tidur dan berdoa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Translate »