Dalam peningkatan SDM dimulai dari pendidikan, pelatihan dan bimbingan bagi SDM Dalam industri 4.0, modal dasar SDM yang harus dimiliki adalah : keterampilan, kelincahan dan budaya, dengan latar belakang budaya yang berbeda tetap bisa bekerja sama. Dalam hal ini SDM merupakan peran yang terpenting untuk menghadapi era revolusi industri 4.0. Dalam menghadapi revolusi industri 4.0, sedikitnya ada tiga hal yang perlu diperhatikan semua pihak. Kurikulum Program Studi Manajemen Universitas Darussalam Gontor yang terintegrasi dengan industri 4.0 merupakan sebuah upaya menghasilkan SDM yang berkualitas agar sesuai dengan kebutuhan pasar kerja yang berbasis teknologi digital. Menurut Aoun (2017), untuk mendapatkan SDM yang kompetitif dalam industri 4.0, kurikulum pendidikan harus dirancang agar luarannya mampu menguasai literasi data, literasi teknologi, literasi manusia. Seperti halnya pemantapan kurikulum Program Studi Manajemen yang memiliki orientasi sejalan dengan Universitas Darussalam Gontor yang menjadi World Class University pada tahun 2045 in sha Allah.

Saat ini globalisasi telah memasuki era baru yang bernama Revolusi Industri 4.0. Klaus Shwab (2016) melalui The Fourth Industrial Revolution menyatakan bahwa dunia telah mengalami empat tahapan revolusi sampai saat ini. Revolusi Industri 4.0 mengakibatkan berubahnya cara manusia berpikir, hidup, dan berhubungan satu dengan yang lain. Perubahan yang signifikan pada bidang teknologi, namun juga bidang yang lain seperti ekonomi, sosial, dan politik. Peningkatan kualitas sumber daya manusia sebagai aktor utama dalam perubahan itu menjadi sangat penting terutama karena Indonesia masih kurang dalam memanfaatkan teknologi terbaru berbekal ilmu pengetahuan yang cukup. Kecanggihan teknologi tidak bisa di negosiasikan dalam dunia usaha, dan perlu disikapi secara matang dan tepat sasaran.

Dalam menghadapi revolusi industri 4.0, Program Studi Manajemen Universitas Darussalam Gontor terus berupaya menyiapkan pelaksanaan pendidikan  dan sumber daya manusia dan kebutuhan zaman di era revolusi industri namun berbekal nilai-nilai moral, etika,agama yang utuh. Mahasiswa sebagai Sumber Daya Manusia Unggul yang disiapkan juga harus dibekali dengan pendidikan nilai-nilai kearifan lokal yang khas salah satunya melalui Pendidikan Tinggi berbasis pesantren. Tujuan pendidikan Pondok Modern Darussalam Gontor inilah yang menjadi landasan perumusan tujuan Program Studi Manajemen Universitas Darussalam Gontor yaitu membentuk pribadi beriman, bertakwa dan berakhlaq karimah yang dapat mengabdi pada umat dengan penuh keikhlasan serta berperan aktif dalam memberdayakan masyarakat. Agar dalam nantinya pemanfaatan teknologi dalam bisnis maupun perusahaan yang dikembangkan sesuai dengan aturan budaya dan kemanusiaan yang sudah di buat.

Mengenai upaya peningkatan kompetensi dan produktivitas mahasiswa, program studi manajemen melakukan upaya yaitu peningkatan kompetensi yang dibutuhkan seperti pelatihan model bisnis canvas. Pelatihan lain juga dirancang dalam hal ide bisnis dengan orientasi program aplikasi digital yang terangkum dalam Islamic Entrepreneurship Bootcamp. Revolusi Industri 4.0 tidak mungkin hanya dihadapi dengan pengembangan teknologi tanpa melibatkan Sumber Daya Manusia di dalamnya karena mahasiswa nantinya menjadi pelaku dalam industri 4.0. Topik relevan seperti Digital Technology Business, Financial Technology, e-Money and e-Banking, Marketplace dan E-Commerce, Social Media Marketing Development, E-Business Practice, Entrepreneurship and Startup digunakan sebagai studi kasus dalam beberapa forum kajian maupun mata kuliah yang telah tersedia di Program Studi Manajemen Universitas Darussalam Gontor. (FAJAR SURYA ARI A)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.