Kurikulum, Pembelajaran, dan Suasana Akademik
Program Studi Manajemen Universitas Darussalam Gontor

Kurikulum

Kurikulum pendidikan tinggi adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi, bahan kajian, maupun bahan pelajaran serta cara penyampaiannya, dan penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran di perguruan tinggi.

Kurikulum seharusnyamemuat standar kompetensi lulusan yang terstruktur dalam kompetensi utama, pendukung dan lainnyayang mendukung  tercapainya tujuan, terlaksananya misi, dan terwujudnya visiprogram studi. Kurikulummemuatmata kuliah/modul/blok yang mendukung pencapaian kompetensi lulusan dan memberikan keleluasaan pada mahasiswa untuk memperluas wawasan dan memperdalam keahlian sesuai dengan minatnya, serta dilengkapi dengan deskripsi mata kuliah/modul/blok, silabus, rencana pembelajaran dan evaluasi.

Kurikulum harus dirancang berdasarkan relevansinya dengan tujuan, cakupan dan kedalaman materi, pengorganisasian yang mendorong terbentuknya hard skills danketerampilan kepribadian dan perilaku (soft skills)yangdapat diterapkan dalam berbagai situasi dan kondisi.

Kompetensi

Penentuan kompetensi lulusan Program studi Manajemen Universitas Darussalam Gontor disusun dengan melaksanakan berbagai kegiatan. Kegiatan tersebut antara lain dengan melakukan workshop penyusunan kurikulum dengan yang dilakukan selama beberapa tahap. Adapun tahapan – tahapan tersebut antara lain:

  1. Membentuk tim perumus penyusunan kurikulum program studi Manajemen Universitas Darussalam Gontor yang terdiri atas dosen program studi Manajemen dan mengundang tim pengajar PLMPM (Pusat Latihan Manajemen dan Pengembangan Masyarakat) Pondok Modern Darussalam Gontor.
  2. Mendatangkan pakar dari beberapa kampus,yaitu dari Universitas Gadjah Mada dan STIE YKPN Yogyakarta. Workshop tersebut merupakan wadah untuk merangkum berbagai informasi, dengar pendapat, peta keilmuan, dan arah tujuan ke depan untuk program studi Manajemen. Hasil workshop ini kemudian ditindaklanjuti untuk merumuskan rancangan kurikulum yang memiliki kesesuaian dengan visi misi program studi, fakultas, dan universitas, namun tetap berorientasi pada masa depan.
  3. Melakukan diskusi dan pemaparan di tingkat fakultas, dan menindaklanjuti dengan merumuskan susunan kurikulum yang mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia.

Struktur Kurikulum

Jumlah sks PS (minimum untuk kelulusan) : 148 sks yang tersusun sebagai berikut:

 

Jenis Mata Kuliah Sks Keterangan
(1) (2) (3)
Mata Kuliah Wajib 130 88 % Mata kuliah wajib tersebut dijadwalkan untuk 8 (delapan) semester dan dapat ditempuh dalam waktu kurang dari 8 semester dan selama-lamanya 14 semester.
Mata Kuliah Pilihan 18 12%

Pengambilan mata kuliah pilihan didasarkan pada upaya untuk memperdalam pemahaman mahasiswa sesuai peminatan yang diambil. Mahasiswa harus mengambil 4 matakuliah (12 sks) pilihan konsentrasi ditambah 2 matakuliah (6 sks) pilihan lain yang tersedia. Secara keseluruhan tersedia 54 SKS matakuliah pilihan.

 

Dengan 12 SKS matakuliah yang merupakan pilihan konsentrasi, mahasiswa memiliki keleluasaan untuk memilih 18 SKS mata kuliah pilihan dari 54 SKS yang tersedia.

 

Sehingga rasio ketersediaan mata kuliah pilihan dan jumlah bisa dipilih adalah 18 : 54 atau sekitar 1 : 3 (33,33%)

 

Selain itu, di semester VII mahasiswa diberikan keleluasaan untuk dapat memilih 1 mata kuliah pilihan keseluruhan minat dari 3 mata kuliah pilihan yang diberikan yang masing-masing bernilai 3 SKS.

 

Sehingga rasio ketersediaan mata kuliah pilihan dan jumlah bisa dipilih adalah 27 : 63 atau sekitar 1 : 3 (31,27%)

Jumlah Total 148

 

Substansi praktikum/praktek yang mandiri

ataupun yang merupakan bagian dari mata kuliah tertentu.

No. Nama Praktikum/Praktek Isi Praktikum/Praktek Tempat/Lokasi Praktikum/Praktek
Judul/Modul Jam Pelaksanaan
(1) (2) (3) (4) (5)
1 Aplikasi Komputer Aplikasi komputer 13 jam Laboratorium Komputer
2 Praktikum kewirausahaan Praktikum Rancang Bangun Bisnis 10 jam Laboratorium Manajemen
3 Pengolahan Data Statistik Pengolahan Data Statistik 12 jam Laboratorium Komputer
4 Pengantar Akuntansi Praktikum Pengantar Akuntansi 13 jam Kelas
5 Praktikum Akuntansi Biaya Cost Observation Project 7 jam Kelas dan lapangan
6 Praktikum Manajemen Produk dan Merek Analisis Sosial Produk Masyarakat 12 jam Kelas dan lapangan
7 Praktikum Akuntansi Syariah Praktikum akuntansi keuangan syariah 6 jam Kelas
8 Kunjungan Perusahaan Company Visit

 

20 jam Perusahaan-perusahaan sekitar Jawa Tengah, Jawa Timur, dan DI.Yogyakarta
9 Praktikum Manajemen Sumber Daya Manusia Praktikum Manajemen Sumber Daya Manusia 8 jam Kelas dan lapangan (Biro –biro, program studi, dan unit usaha UNIDA Gontor)
10 Magang Magang/Analisis Medan Usaha 2 bulan Perusahaan-perusahaan nasional dan BUMN
11 Praktikum Manajemen Event Enterpreuner Days 3 hari Lapangan