Makna Kehidupan

gambar diambil dari Detik.com

Kehidupan adalah salah satu hal terpenting yang ada pada diri kita, terdapat banyak hal yang dapat kita lakukan untuk mengetahui bagaimana kehidupan kita kelak, apakah kehidupan kita akan kita bawa kepada kebenaran atau sebaliknya, dan tak semua berjalan lancar sebagai mana mestinya yang sesuai dengan apa yang kita fikirkan atau kita inginkan, sehingga banyak sekali sesuatu kejadian yang tidak kita inginkan yang terjadi begitu saja di luar nalar kita dan yang kita lakukan hanya bisa menerima itu apa adanya, karena kehidupan itu memiliki banyak kejutan yang harus kita terima dan dimengerti, bertambahnya usia bukanlah salah satu hal yang dapat membuat kita bahagia, semakin kita bertambah usia maka akan besar pula ujian yang akan kita hadapi, bagaikan pohon semakin tinggi maka akan semakin besar pula rintangan yang akan datang menerpa kita, semakin banyak realita hidup yang kita lalui maka akan semakin membuat kita paham bahwasanya kehidupan itu harus kita syukuri bagaimanapun keadaan kita.

Maka Rasulullah SAW pernah memberikan nasihat kepada sahabat-sahabatnya yang berisikan, Manfaatkanlah lima perkara sebelum datang lima perkara :

  1. Waktu mudamu sebelum datang masa tuamu,
  2. Waktu sehatmu sebelum datang waktu sakitmu,
  3. Masa kayamu sebelum datang masa miskinmu,
  4. Masa luangmu sebelum datang masa sibukmu, 
  5. Masa hidupmu sebelum datang matimu.”

Maka dari itu realita kehidupan yang harus kita perhatikan diantaranya :

  1. Mencari uang itu susah, maka dibutuhkan perjuangan, tantangan dan pengorbanan yang harus kita lalui sehingga kita dapat mengambil pelajaran dari perjuangan tersebut yang akan membuat kita berfikir lebih dewasa agar memiliki masa depan yang lebih terjamin.
  • Waktu semakin cepat bejalan, ketika kita sudah pada fase kedewasaan maka kita akan menyadari bahwasanya waktu itu berjalan cepat tanpa kita sadari, dengan demikian banyak hal-hal dimasa lalu yang kita sesali dan ingin rasanya untuk memperbaiki itu, dikarenakan terdapat beberapa hal yang belum sempat kita lakukan dimasa lalu, terkadangan terbesit pada fikiran kita untuk kembali merasakan masa lalu untuk memperbaiki kecerobohan, kesalahan, dan perbuatan kita dimasa lalu, Sehingga antisipasi yang dapat kita lakukan sekarang adalah melakukan setiap hal dengan maksimal agar tidak akan ada penyesalan di kemudian hari.
  • Sahabat ataupun teman mulai meninggalkan kita, dengan kesibukan mereka masing-masing, sehingga ketika pada fase ini kita akan menemukan teman yang sebenarnya, yakni teman yang selalu menemani kita baik dalam keadaan susah maupun senang.
  • Ketika sahabat maupun teman meninggalkan kita satu persatu maka kita akan sadar bahwasanya keluarga adalah salah satu harta yang paling berharga dikehidupan kita, maka ketika kita tumbuh dewasa, kita lebih banyak menghabiskan waktu bersama keluarga karena merakalah yang akan tetap disamping kita.
  • Mulai berfikir bahwasanya nasehat yang diberikan orang tua saat kecil dulu merupakan hal penting. Ketika kita bermalas-malasan maka kita akan menyesalinya dikemudian hari.
  • Kesehatan merupakan hal yang paling berharga, dengan kita memperhatikan kesehatan maka kita akan menyadari untuk selalu berolahraga, agar tubuh kita terjaga dan tidak mudah sakit, Karena apabila kita sakit maka seluruh aktivitas yang akan kita jalani akan terhambat dan terganggu.

Hadist dan sunah rasul merupakan warisan dari nabi kita bersama yang perlu dijalankan dan dilestarikan dari waktu ke waktu agar tidak terlupakan di generasi berikutnya. Maka mari kita buka kembali kitab – kitab Nabi dan sahabat-sahabatnya yang berisikan banyak pelajaran dan makna kehidupan di dalamnya.

Adi Rahman, Mahasiswa Manajemen semester 4

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Translate »