Pentingnya konsumsi air putih untuk keseharian kita

Sudahkah teman teman meminum air putih hari ini?

Kalau belum, silakan temen temen tuangkan air putih ke dalam gelas kemudian minumlah…!

Padahal minum air putih itu penting lo bagi kesehatan, namun sayangnya masih banyak dari kita yang menyepelekan pentingnya minum air putih.

Coba inget inget,kalau sedang berada di rumah makan biasanya lebih sering memilih untuk minum air putih atau es teh?

Itu bukan berarti es teh tidak baik untuk kesehatan kita, akan tetapi, walaupun kita suka meminum minuman yang manis sebaiknya tetap imbangi dengan minum air putih yang cukup.

Air putih merupakan minuman pokok bagi keseharian kita, banyak manfaat yang terkandung dalam air yang jernih ini, sejak kecil kita sudah diberi tahu oleh orang tua untuk sering mengkonsumsi lebih banyak air putih. Sebagian besar tubuh kita terdiri dari air,tanpa air manusia akan mengalami dehidrasi dan lebih cepat meninggal dibandingkan tanpa makanan.air berfungsi untuk mentransportasi mineral,vitamin,protein dan dan zat gizi lainnya ke seluruh tubuh.keseimbangan suhu tubuh akan sangat tergantung pada air, karena air merupakan pelumas jaringan tubuh sekaligus bantalan sendi-sendi,tulang dan otot.

Sudah banyak riset mengenai manfaat air putih, tetapi tidak jarang yang masih enggan untuk meminum air putih. Idealnya asupan air putih kedalam tubuh dalam sehari adalah 2 liter atau setara dengan 8 gelas, sehingga cairan yang hilang dalam tubuh dapat tergantikan. Berikut beberapa manfaat mengkonsumsi air putih:

  1. Memperlancar sistem pencernaan

Dengan mengkonsumsi air putih sedikitnya 2 liter sehari dapat membantu proses pembakaran kalori, agar terhindar dari penyakit mag ataupun sembelit sehingga pencernaan lancar.

  • Memelihara fungsi ginjal

Air dalam tubuh salah satu fungsinya sebagai media untuk mengirimkan sisa metabolisme dalam tubuh untuk keluar masuk ke dalam sel. Ketika tubuh memiliki cukup air, urin akan mengalir bebas,jernih dan tidak berbau. Akan tetapi jika tubuh tidak cukup air, urin yang akan keluar, warna dan bau akan terlihat karena ginjal harus menyerap cairan ekstra untuk menjalankan fungsinya. Hal inilah yang mengakibatkan resiko terjadinya batu ginjal.

  • Mengurangi resiko kanker

Air dapat menghancurkan konsentrasi gen penyebab kanker dalam urin dan mengurangi kontak virus dengan lapisan kandung kemih.

  • Merawat kulit

Air putih dapat melindungi kulit dari pengaruh luar, dapat melembabkan dan menyehatkan kulit, jika kita kurang mengkonsumsi air putih maka tubuh akan menyerap kandungan air dalam kulit, hal inilah yang dapat menyebabkan kulit kering dan berkerut.

  • Menurunkan berat badan

Air putih juga bersifat menghilangkan kotoran kotoran dalam tubuh yang akan lebih cepat keluar lewat urin. Bagi yang ingin menguruskan badan pun, minum air hangat sebelum makan merupakan suatu cara untuk mengurangi jumlah makanan yang masuk. Apalagi air tidak mengandung kalori, gula ataupun lemak. Minum air putih akan membuat tubuh menjadi lebih berenergi.

Tahukah teman teman, salah satu cara untuk menjadi sehat adalah dengan memenuhi kebutuhan cairan setiap hari serta minum air putih di waktu waktu yang tepat. Mungkin sebagian teman teman kerap merasa kesulitan saat membagi waktu yang sesuai untuk melakukannya. Nah, berikut ini adalah jadwal yang baik untuk minum air putih agar dapat memaksimalkan efektivitas tubuh dengan baik:

  1. Minum satu atau dua gelas di pagi hari setelah bangun tidur

Ketika kita bangun tidur, tubuh kita mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Berapapun banyaknya konsumsi air putih di hari sebelumnya, kita harus mengisi ulang tubuh kita dengan cairan.

Banyak manfaat yang bisa dapatkan apabila teman teman minum air putih setelah bangun tidur. Minum air putih saat perut kosong bisa meningkatkan metabolisme sebanyak 24 persen. Kerja tubuh untuk mencerna makanan dan membuang racun dari dalam tubuh pun akan lebih mudah.

  • Minum satu gelas ketika merasa lelah

Sekitar 50% hingga 60% dari berat kita berasal dari air. Namun kadar air dalam tubuh akan berkurang terus-menerus melalui urine, keringat dan pernapasan. Ketika kita kekurangan cairan, maka kita mungkin akan merasa lebih lelah dan lemah dari biasanya.

Maka dari itu, ketika tubuh mulai lelah, segera isi kembali cairan yang hilang dengan minum air putih. Minum air yang cukup dapat membantu kita mempertahankan energi.

  • Minum air sebelum tidur

Minum air putih sebelum tidur dapat membantu tubuh mengisi kembali cairan yang hilang akibat aktifitas sepanjang hari.

Meski demikian, kita sebaiknya tidak minum air putih terlalu banyak saat jadwal ini,apalagi bila kita langsung tidur setelahnya, bisa bisa hal ini akan membuat kita kebelet dan terbangun di tengah malam.

  • Minum lebih banyak ketika sakit

Saat kita sakit demam, tubuh akan mengeluarkan keringat yang lebih banyak. Begitu juga apabila kita  mengalami penyakit pencernaan dengan gejala muntah-muntah atau bolak-balik BAB, cairan tubuh pun semakin banyak yang menghilang.

Pastikan untuk minum air lebih banyak dari biasanya agar tubuh tidak menjadi dehidrasi. Sebab ketika sudah terjadi, dehidrasi malah bisa memperburuk gejala sakit yang kita alami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Translate »