Alhamdulillah….Sabtu 05 Oktober 2019 pusat kajian islamisasi ilmu pengetahuan kembali mengadakan agenda kumpul dwi mingguan. Agenda ini rutin dilaksanakan dengan tujuan untuk ajang silaturahmi antar dosen dalam lingkup kampus Unida Gontor, sekaligus sebagai ajang untuk meningkatkan dan menambah ilmu pengetahuan baik dalam bidang agama maupun ilmu pengetahuan umum.

Pada kesempatan hari ini yang mana diisi oleh salah satu pemateri Al Ustadz M. Shohibul Mujtaba, M.Ag menyampaiakan materi tentang peradaban dunia pra islam. Dalam sharing ilmu tersebut beliau menyampaikan bahwa mempelajari sejarah itu penting, karena dari sejarah kita dapat mengerti, memahami apa yg terjadi hingga memperbaiki dan belajar dari sejarah yang terjadi

dan dari sejarahlah terjadinya peradaban dunia ini. Beliau mengatakan bahwa peradaban dibagi menjadi 2 periode yaitu Pra sejarah n periode Sejarah.Pada zaman Prasejarah ditandainya dengan tidak adanya tulisan atau manusia belum mengenal tulisan sehingga kejadian pada masa lalu tidak ditulis, dampaknya adalah kejadin pasa masa prasejarah tidak terdapat bukti sejarah. Hal ini membuat orang pada zaman setelahnya tidak mampu mempelajari kejadian yg terjadi sebelum zamannya tersebut. Sedangkan Periode sejarah ditandai dengan mengenalnya tulisan. Pada zaman ini telah banyak kejadian yang ditulis oleh para orang pada zamannya., sehingga dapat diketahui dan dipelajari oleh orang pada zaman setelahnya. Sesuai dengan yang telah tertulis bahwa ”Sesuatu yang tidak bermanfaat pasti akan hilang dan sesuatu yg bermanfaat pasti akan dikenang dan digunakan oleh orang-orang pada zaman setelahnya”. Hal ini dapat diartikan bahwa pada periode sejarah, semua yang tertulis dapat memberikan manfaat untuk dipelajari, diambil manfaat dan ilmunya bagi banyak orang.

Selain itu, Al Ustadz M. Shohibul Mujtaba, M.Ag juga menjelaskan tentang adanya delapan masa peradaban yang terjadi pada masa lampau. Antara lain yaitu:

  1. Mesir kuno: pada 3400 SM dibawah kekuasaan Fir’aun, mesir mencapai kejayaannya, yang mana dibuktikan dengan berdirinya berbagai bangunan piramida. Mereka menggunakan tulisan hieroglif (abjad mesir kuno yang terdiri dari 7—gambar dalam bentuk manuis, hewan atau benda) dalam membukukan ilmu-ilmu pengetahuan dan hasil pemikiran meka.
  2. Mesopotamia : peradaban diantara dua seungai (Mesopotamia) ini terletak diantara dua sungai besar yaitu Eufrat dan Tigris, daerah yang saat ini menjadi negara republic Irak.Pada 2750 SM bangsa Smith menguasai Mesopotam8a dan membangun ibukota negranya dengan nama Akkad.
  3. Babilonia : setelah Mesopotamia kemudian kekuasaan setelahnya dipegang oleh bangsa babilinio pada 1894 SM. Bangsa ini menuliskan ilmu dan pemikiran mereka diatas lempengan lempengan batu bata dengan menggunakan alat yang mirip demgan paku.
  4. Phoenisia : Peradaban Phoenisia muncul pada 2500 SM. Untuk saat ini meliputi Turki, Lebanon, Palestina dan Syiria. Karya yang spektakuler  yang berhasilo ditorehkan pada 936 SM adalah ditemukannya abjad Phoenisia yang kemudian prinsip-prinsipmnya diadopsi bangsa Greece dn menjadi referensi utama huruf abjad yang terkenal di dunia.
  5. India : pada 2000 SM terjadi pembangunan peradaban India, namun kemajuan pemikiran baru terjadi pada masa Asoka (273 SM). Para ilmuan India berhasil menorehkan prestasi dalam berbagai bidang keilmuan, seperti ilmu matematika, kedokteran dan industry.
  6. Yunani : pada tahun 900 SM terbit buku pertama dalam peradaban Yunani tentng perang berjudul ilyadzah dan Odesa, yang dinisbatkan pada penyair tuna netra Homerus. Selain itu juga muncul para filsuf, ahli teknik rekayasa, ahli fiksika , ahli geografi dan ahli astronomi.
  7. Persia : pada555 SM, Imperium Persia mencakup 20 bangsa, yang masing-masingbangsa masih mempertahankan warisan tradisi dan budayanya, karenanya ia merupakan akumulasi dari peradaban bangsa-bangsa yang ditundukkannya. Terdapat banyak kaum intelektual , para dokter dan astronom.
  8. Romawi: para 1900 SM, para bajak laut Etruskia bermigrasi dari Asia kecil, mendiami pesisir antai Tirani (tuscana) dan membangun kota Roma. Kerajaan mampu bertahan hingga 509 SM . pada 146 SM mereka bermigrasi ke Asbania (spanyol) dan menguasai semua kepulauan di laut Mediterinia dn pesisir baratnya. Hingga mereka menjadi pemimpin bangsa Barat ada yang menandinginya.

Itulah 8 peradaban yang telah dijelaskan dalam kesempatan kali ini, semoga kita dapat belajar lebih banyak tentang sejarah masa lampau dan mengambil pelajaran, manfaat dan ilmu untuk mengarungi peradaban dan membawa perubahan yang lebih baik dalam peradaban berikutnya. Aamiin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.