Rangkaian kurikulum peningkatan akreditasi baik Pogram Studi maupun Universitas telah dilaksanakan. Terakhir, telah diadakan rapat IAPS 4.0 yang diisi oleh Dr. Leni S. Heliani, M.Sc selaku anggota dari Badan Jaminan Mutu UGM Yogyakarta di Ruang Senat Lt.2 Gedung Utama Universitas Darussalam pada tanggal 29/09/2019. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh Kaprodi dan perwakilan Program Studi di Universitas Darussalam.

Materi dari kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan pengetahuan para dosen, perancang kurikulum khususnya, untuk lebih memahami persyaratan akan akreditasi yang telah berubah dari 7 bidang menjadi 9 bidang. Pembahasan ini terkait keinginan dari BAN-PT serta DIKTI yang menginginkan adanya hasil tidak hanya berbasis output tetapi juga outcome.

Dalam peningkatannya, penjaminan mutu perlu melakukan sinergitas baik dari internal maupun eksternal, yang kemudian diintegrasikan dengan adanya pemrosesan dari pangkalan data DIKTI. Barulah kemudian dapat dipahami adanya perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, serta pergerakan. Dalam kesimpulannya, dalam melaksanakan penjaminan mutu yang lebih baik perlu digalakkan kembali adanya PDCA (Plan Do Control Action). 

Menurut Ibu Leni, banyak sekali universitas โ€“ universitas yang kurang sadar terhadap pengumpulan persyaratan terkait akreditasi baik untuk keperluan DIKTI maupun internasional. Ditambahkan, saran kedepannya adalah untuk masing โ€“ masing prodi menggalakkan kebiasaan dalam mengumpulkan atau mencicil persyaratan dari masing โ€“ masing poin untuk akreditasi.

Program studi Manajemen Unida Gontor…..mulai membenahi kurikulum berbasis KKNI serta mengarah pada indikator islamisasi ilmu pengtahuan yang menginduk pada visi dan misi Universitas Darussalam Gontor. Tidak hanya fokus pada ilmu Manajemen umum namun lebih mengarah pada islamic Manajemen dalam berbagai sektor. Universitas Pesantren Darussalam Gontor berbeda dalam menyusun kurikulum sehingga output yang akan dihasilkan tentu berbeda pula. Mahasiswa di Unida yang mana disebut mahasiswa pesantren memiliki ilmu yang luas baik ilmu umum juga ilmu agama sehingga pengetahuan yang diperoleh dikelaspun disusun agar mengarah pada ilmu Manajemen yang islami.

BY:Latiefa Rusli

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.