Profil lulusan program studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Manajemen Universitas Darussalam Gontor dibagi menjadi empat yaitu wirausahaan, manajer, konsultan bisnis, dan peneliti di bidang Manajemen yang memiliki pola pikir yang terintegrasi dengan islamisai ilmu pengetahuan.

Keempat deskripsi profil di atas disusun dengan mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT). Setelah itu, disusunlah kompetensi yang dapat mencakup profil lulusan program studi Manajemen Universitas Darussalam Gontor yang memuat rumusan capaian pembelajaran lulusan (CPL) .

Secara ringkas kompetensi utama lulusan Prodi S1 Manajemen adalah :

Menguasai konsep dan teknik analisis di bidang ilmu ekonomi dan manajemen dalam perspektif Islam

Kompetensi utama terdiri atas kelompok capaian pembelajaran sebagai berikut :

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap relijius yang bersendikan nilai Modern Gontor
  2. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila yang berdasarkan nilai Pondok Modern Gontor
  3. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan yang bersendikan nilai Pondok Modern Gontor
  4. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
  5. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dengan islamisasi ilmu pengetahuan
  6. Mengembangkan sikap Panca Jiwa Pondok Modern Gontor dalam setiap aktivitas bisnis dan manajerial
  7. Mampu menganalisis konsep teoritis, metode dan perangkat analisis fungsi manajemen (perencanaan, pelaksanaan, pengarahan, pemantauan, evaluasi, dan pengendalian)
  8. Mampu merancang bangunan bisnis yang inovatif berorientasi kearifan lokal serta berorientasi pada peningkatan ekonomi masyarakat.
  9. Mampu berperan sebagai wirausaha kreatif dan innovatif yang berani mengambil dan mengelola resiko sesuai dengan prinsip Islamic Entrepreneurship
  10. Mampu berfikir logis, kritis, dan sistematis dalam kerangka ilmu manajemen islam untuk menghasilkan karya tulis ilmiah yang bisa dan dipublikasikan di jurnal.

 

Kompetensi pendukung lulusan adalah kompetensi yang diharapkan dapat menunjang kompetensi utama. Kompetensi pendukung lulusan Prodi S1 Manajemen adalah sebagai berikut :

Menguasai  konsep dan teknik analisis dalam bidang ilmu manajemen dalam perspektif islam khususnya peminatan yang ditempuh

Capaian Pembelajaran Kompetensi Umun dan Khusus sebagai berikut :

  1. Mampu membuat perencanaan bisnis berskala kecil dan menengah dalam bentuk proposal rencana bisnis (business plan)
  2. Mampu menciptakan peluang usaha berskala nasional
  3. Mampu memimpin aktivitas organisasi berskala kecil dan menengah
  4. Mampu memberikan solusi alternative dalam bisnis
  5. Mampu berfikir logis, kritis, dan sistematis dalam rangka ilmu Manajemen Islam
  6. Mampu berkomunikasi dalam bahasa Arab dan Inggris dalam bidang bisnis baik secara lisan maupun tulisan lintas fungsi dan level organisasi
  7. Mampu menjadi Event Organizer untuk kegiatan-kegiatan bisnis bertaraf nasional
  8. Mampu menghafal minimal 5 Juz Al-Qur’an
  9. Mampu mengintegrasikan nilai-nilai Islam dalam bidang manajemen, khusunya dalam bisnis
  10. Mampu membuka dan mengelola unit bisnis

Untuk mewujudkan misi Prodi S1 Manajemen yang berkaitan dengan kemandirian mahasiswa, seluruh mata kuliah yang disajikan mengedepankan Student Centerd Learning, bukan lagi metode ceramah: Teacher Centered Learning.

Penggunaan literatur berbahasa Inggris dan bahasa Arab untuk sebagian besar mata kuliah yang diajarkan di Prodi S1 Manajemen, penambahan artikal-artikel Internasional sebagai pendukung bahan ajar, serta pemanfaatan dosen praktisi dari luar negeri diharapkan mampu membekali lulusan dalam hal pengetahuan bahasa Inggris.