Luar Biasa……..Kehidupan Mahasiswa Unida Gontor berbeda dengan kampus-kampus pada umumnya. Mahasiswa gontor hidup dengan pergerakan dinamika kehidupan 24 jam yang mana mereka bukan saja mahasiswa akan tetapi mereka dijuluki dengan sebutan mahasiswa santri yang nantinya akan siap terjun ke masyarakat untuk mengabdi dan juga dituntut untuk berilmu serta mampu mengetahui segala hal, sehingga Unida Gontor mendukung dengan adanya berbagai kegiatan mahasiswa dengan konsep olah zikir, olah fikir, olah rasa, dan olah raga.

Pembukaan Ujian Hafalan Al-Qur’an

Olah zikir yang ada di Unida Gontor salah satunya adalah program Tahfidz yang mana Mahasiwa harus mengafal Al-Quran dengan dibimbing oleh para Ustadz-Ustadz yang tinggal didalam kampus, setiap tahunnya mahasiswa wajib mengahafal 1 juz Al-qur an dengan rincian antara lain semester 1 dan 2 menghafal Juz 29, semester 3 & 4 mengahafal juz 1, semester 5 & 6 mengahafal juz 2, dan semester 7 & 8 menghafal juz 3.

Semua mahasiswa dituntut untuk menghafal agar menjadi bekal ketika menjadi alumni Unida Gontor. Untuk melancarkan kegiatan tersebut terdapat suatu biro yang bertugas untuk mengurus dan mengaturnya yaitu  Markaz Quran. Markaz Quran bertangung jawab untuk memberikan amanah bagi mahasiswa dalam menghafal Al-Qur an yang mana biro ini menjadwalkan kepada seluruh mahasiswa untuk memberikan setoran hafalan Al-qur’an dalam seminggu sekali yaitu pada hari ahad setelah sholat magrib.

Mahasiswa bersiap menyetorkan hafalan Al-quran kepada Muhafidz

Tidak hanya memebrikan amanah setor hafalan Al qur an saja, Markaz Quran juga mengadakan ujian hafalan Al-Quran yang mana pada tahun ini diadakan pada hari Jum at (8 Maret 2019). dalam agenda tersebut seluruh mahasiswa diuji dan wajib hadir. hasil dari ujian tersebut terdapat mahasiswa yang lulus dan juga ada mahasiswa yang tidak lulus, bagi mahasiswa yang sudah lulus boleh mengikuti Ujian Akhir Semester dan bagi mahasiswa yang belum lulus harus mengulangi ujiannya ke muhafidz  masing-masing.  Tujuan dari program ini adalah ingin menjadikan mahasiswa Unida Gontor menjadi ahlul-qur an. Subhanalloh…..

SEMOGA KITA SEMUA MAMPU MENGAMALKAN AL-QURAN DAN MAMPU MENJADI HAFIDZ- HAFIDZAH QUR’AN. AAMIIIIN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.