Sebagai salah satu bentuk usaha peningkatan pembelajaran dan networking, maka program studi Manajemen melaksanakan kegiatan Supervisi Lapangan bagi mahasiswa/I semester VII yang sedang mengadakan kegiatan Analisa Medan Usaha atau yang lebih dikenal dengan kegiatan Magang. Magang merupakan kegiatan wajib yang harus ditempuh mahasiswa program studi Manajemen sebagai salah satu tugas akhir selain skripsi.

Sebagai salah satu mekanisme controlling terhadap pelaksanaan magang, maka tim dosen program studi Manajemen melaksanakan supervisi lapangan terhadap kegiatan mahasiswa di instansi – instansi yang menjadi lokasi magang mahasiswa. Tahun akademik 2019/2020 ini merupakan salah satu tahun akademik yang istimewa bagi program studi Manajemen. Selain merupakan tahun akademik pertama setelah terakreditasinya program studi tahun lalu, tahun ini merupakan kali pertama pelaksanaan magang bagi mahasiswa Program studi Manajemen di kampus Putri, Mantingan, Ngawi. Hal ini dikarenakan mahasiswa kampus putri yang melaksanakan magang pada tahun akademik ini merupakan mahaisiwi angkatan pertama program studi Manajemen di kampus putri, Mantingan, Ngawi, Jawa Timur. Sehingga tentu hal ini menjadi tolok ukur awal bagi pengembangan kualitas lulusan khususnya untuk mahasiswa di kampus putri.

Agenda supervisi magang untuk kampus putri tahun ini dilaksanakan mulai tanggal 7 Agustus 2019. Supervisi pada tanggal tersebut dilaksanakan dengan mengunjungi PT Panasonic Gobel Indonesia, yang berlokasi di Jakarta sebagai instansi magang pertama yang dikunjungi. Tim dosen program studi Manajemen diterima dengan hangat oleh jajaran Human Resourse Department, yaitu ibu Farida  Aryani  dengan ditemani dua orang supervisor magang mahasiswa program studi Manajemen, yaitu bapak Mariyadi dan Bapak Zulfikar. Tim dari PT Panasonic Gobel Indonesia menyambut dengan baik kehadiran 2 orang mahasiswi program studi Manajemen dalam pelaksanaan magang di salah satu perusahaan elektronik terbesar di Indonesia ini. Beliau sangat mengapresiasi aktivitas mahasiswi magang dan berharap ke depannya pelaksanaan magang di program studi Manajemen dapat diperpanjang durasinya, dari 2 bulan menjadi 3 bulan. Hal ini agar mahasiswi menjadi lebih matang dan cakap dalam melaksanakan kegiatan operasional di perusahaan sesuai dengan minat bidang studinya. “ Bulan pertama merupakan masa pengenalan awal dengan segala dinamika di masing-masing divisi, dilanjutkan dengan mulai beradaptasi dengan segala aktivitas di bulan kedua, dan di bulan ketiga, mahasiswa sudah dapat lebih mandiri dan komprehensif dalam melaksanakan aktivitas operasional, jelas bapak Mariyadi sebagai salah satu supervisor mahasiswi magang.

Setelah melakukan supervise/visitasi dari PT Panasonic Gobel Indonesia, kegiatan dilanjutkan dengn mengunjungi PT Bersama Zatta Jaya, atau yang lebih dikenal dengan El Corps  dan Shafira di kota Bandung keesokan harinya pada tanggal 8 Agustus 2019. Perjalanan diawali dengan bertandang ke komplek Gedung baru EL Corps , yang menaungi beberapa merek yang sudah tidak asing di dunia fashion muslim, seperti El Zatta dan dauky. Kami diterima oleh Bapak Ricky Rana dari Bagian Human Resource Department (HRD). Beliau menyambut positif kehadiran kami dan menjelaskan bahwa 3 orang mahasiswi magang program studi Manajemen sanagt berperan dan dilibatkan dalam aktivitas pemasaran, khususnya pemasaran online, yang memang menjadi fokus perusahaan saat ini. Hal ini tentu sangat sesuia dengan minat studi ketiga orang mahasiswi ini, yakni di bidang manajemen pemasaran.

Akhirnya perjalanan akhir Jakarta-Bandung diakhiri dengan berkunjung ke PT Shafira, khususnya Shafira Foundation. Shafira Foundation merupakan sayap social PT Shafira dalam bidang Community Development. Kedatangan kami disambut hangat oleh bapak Deden selaku salah satu pimpinan Shafira Foundation. Beliaupun mengapresiasi aktivitas magang yang dilakukan mahasiswi program studi Manajemen dengan banyak melibatkan mahasiswi dalam kegiatan kegiatan Community Development yang menjadi salah satu fokus lini Shafira Foundation. Beliaupun berharap agar Universitas Darussalam Gontor secara luas dapat semakin mempererat hubungan dengan Shafira Foundation dengan berbagai jenis kegiatan spesifik untuk dapat lebih berkontribusi untuk pengembangan umat ke depannya

 

Agenda supervisi magang kali ini diakhiri dengan penyerahan cindera mata dari program studi Manajemen Universitas Darussalam Gontor kepaada perwakilan masing-masing instansi magang mahasiswi. Tentu kedepan, program studi Manajemen secara khusus berharap dapat terus meningkatkan menjalin silaturrahim dan kerjasama denganberbagai pihak, agar dapat lebih kontributif dalam upaya menghasilkan lulusan-lulusan yang dapat kontributif untuk umat.

Dari El Corps kita belajar semangat bersinergi dengan puluhan pengrajin untuk dapat menghasilkan produk berkualitas namun teteap memberdayakan ekonomi masyarakat. Dari Panasonic kita belajar semangat terus dapat melaju menjadi produsen berdaya saing global, dan dari Shafira Foundation kita belajar untuk terus dapat berbagi, peduli, dan mengabdi kepada masyarakat.(Zahratunnisa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.