Taukah Anda  Perbedaan Intrapreneur, Entrepreneur, Technopreneur, Sociopreneur Dan Ecopreneur ?

oleh : Dhika Amalia Kurniawan

Istilah Entrepreneurship  sudah tidak asing lagi ditelinga semua orang, karena dalam suatu bisnis kita selalu membayangkan bahwa semua pelaku bisnis disebut dengan istilah Entrepreneur. Yaa….tidak salah namun juga tidak 100% benar. Sebenarnya Entrepreneur merupakan seseorang yang menjalankan usaha sendiri dengan ide sendiri, manajemen pengelolaan sendiri, memiliki kebebasan dalam peraturan, tidak terikat waktu dan segala resiko akan ditanggung oleh seseorang itu sendiri..

Dalam kegiatan bisnis yang dilakukan oleh masyarakat saat ini dapat digolongkan berdasarkan kategori preneur yang telah indivodu kerjakan, sehingga  hal itulah yang akan kita bahas dalam artikel singkat ini. Ada sedikitnya 5 macam kategori yang dapat dikelompkan dalam istilah preneur berikut ini yaitu:

Entrepreneur  adalah seseorang yang mengembangkan usaha sendiri, bertanggungjawab penuh terhadap operasional usahanya, serta berkedudukan sebagai pemilik inti usaha tersebut.

Intrapreneur merupakan seseorang yang berada dalam usaha atau organiasi usaha yang dijalankan, namun seseorang ini bukanlah pemilik dari bidang usaha tersebut, ia tidaklah memiliki kebebasan dalam mengatur bisnis, ia tidak menanggung resiko 100% dalam bisnis tersebut, namun dapat memberikan ide dan gagasan untuk bisnis yang ia lakukan dan bertanggungjawab terhadap ide gagasannya.konsep ini mengatakan bahwa seseorang tidak harus keluar dari organisasi untyuk menjadi entrepreneur utama. Contoh seorang pegawai usaha yang menciptakan ide-ide bisnis brilian untuk usaha bos atau atasannya, startup dan lain sebagainya.

Technopreneur adalah seseorang yang memanfaatkan teknologi sebagai kunci utamanya sehingga menghasilkan usaha yang bersistem digital modern yang lebih efektif dan efisien dari segi waktu dan biaya dan menggantikan teknologi lama untuk mendapatkan inovasi dalam usahanya.  Misalnya saat ini usaha ojek sudah tidak lagi kuno seperti dulu, saat ini usaha ini memenfaatkan teknologi untyk membuat aplikasi online sehingga usaha 100% lebih maju dan dapat berkembang dibandingkan dengan sistem ojek sebelumnya.

Sociopreneur adalah seseorang yang usahanya tidak hanya berfokus pada keuntungan semata tetapi berfokus pada aspek sosial. Seorang sociopreneurship dapat melihat peluang usaha yang ada dilingkungan sekitarnya yang mana usaha tersebut berfungsi untuk memberdayakan masyarakat sekitar untuk menaikkan kesejahteraan hidup bersama. Contoh bisnis yang mengajak para konsumennya untuk melihat dan menyadarkan keadaan social yang terjadi di lingkungan , missal tour pada desa miskin, tour pada kampung idiot atau tour pada kelompok fisibel yang tujuannya untuk aspek social, dana dari tour ini yang kemudian akan disumbangkan untuk social.

Ecopreneur adalah seseorang yang usahanya tidak hanya berfokus pada keuntungan semata tetapi juga berfokus pada aspek yang berkaitan dengan lingkungan. Contoh bisnis yang berfokus pada upaya pelestarian lingkungan hidup seperti pengolahan sampah, reklamasi pantai, dan penghijauan, pemanfaatan berbagai limbah dan lain sebagainya.

SEMOGA BERMANFAAT DAN MENAMBAH ILMU PENGETAHUAN KITA….selamat membaca

 

 

Comments

  1. Assalamualaikum wr. wb.
    Perkenalkan nama saya Mohammad fauzan mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura
    Yang terhormat Bapak/ibu, bolehkah saya tau perihal referensi dari teks diatas?

    Mohon responnya terima kasih
    Wassalamu alaikum wr. wb.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.