Universitas Darussalam Gontor merupakan salah satu lembaga pendidikan tinggi yang memiliki kewajiban untuk meningkatkan mutu pendidikannya secara terus menerus dan berkelanjutan. Upaya meningkatkan kualitas tersebut dilakukan dalam suatu kegiatan penjaminan mutu perguruan tinggi atau biasa disebut dengan Badan Penjamin Mutu (BPM). Badan Penjamin Mutu merupakan sebuah badan yang berfunsi untuk melaksanakan proses perencanaan, pemenuhan, pengendalian, dan pengembangan standar pendidikan tinggi secara konsisten dan berkelanjutan, sehingga pemangku kepentingan (stakeholders) internal dan eksternal perguruan tinggi, yaitu mahasiswa, dosen, karyawan, masyarakat, dunia usaha, asosiasi profesi, pemerintah memperoleh kepuasan atas kinerja dan keluaran perguruan tinggi.

BPM UNIDA Gontor terus berupaya untuk melakukan pelaksanaan mutu dan perbaikan dalam menjamin mutu pendidikan di Universitas dengan berbagai kegiatan, salah satunya adalah dengan memberikan pelatihan kepada beberapa delegasi program studi untuk menjadi duta mutu internal Unida Gontor. Saat ini BPM Unida Gontor telah melahirkan 45 orang auditor yang bertugas untuk melakukan peninjauan, audit pada seluruh kegiatan akademik dan atauran-aturan didalam proses pembelajaran terhadap seluruh program studi di Unida Gontor baik tingkat strata I hingga strata II.

Kamis, 24 Oktober 2019, BPM Unida Gontor melaksanakan rapat kordinasi untuk tindak lanjut pelatihan audit mutu internal dengan melaksankan audit program studi secara rutin dan melakukan perbaikan hingga mampu memenuhi standar mutu sesuai dengan standar Dikti. Dalam sambutannya, Al ustadz Muhammad Muslim, MA menyampaikan bahwa Mutu harus menjadi kesadaran dan menjadi budaya bersama seluruh stakeholder di kampus Unida Gontor.  Tujuan dari audit mutu internal (AMI) adalah untuk membentuk budaya mutu, sehingga dapat dengan  otomatis dilakukan tanpa harus ada peraturan yang tertulis, namun sudah secara otomatis dilakukan oleh semua stakeholders. Seperti contoh adanya tulisan seperti Mohon Antri ! Jangan membuang Sampah Sembarangan! Mohon Jangan Menginjak Rumput. Jika tulisan-tulisan tersebut masih ada maka budaya belum dapat terbentuk, namun jika telah secara otomatis semua orang dapat mengantri, membuang sampah pada tempatnya, tidak menginjak rumput sembarangan maka budaya telah hidup dalam suatu organisasi. Begitu juga dengan sebuah Mutu yang sudah harus menjadi kesadaran bersamaa dan berkomitmen untuk menjaga mutu dalam semua hal akademik.

Beliau juga menambahkan bahwa, dalam suatu organisasi syarat untuk menjalankan audit mutu internal (AMI) maka diperlukan sebuah Sistem. Dengan sistem, maka masing-masing komponen dapat berkerja sesuai dsngan porsi yang telah ditentukan. atau memiliki wilayah kerja masing-masing dengan jelas, baik ditingkat fakultas atau program studi salah satunya sistem di Unida Gontor . Hal ini sebagai upaya agar tidak terjadi tumpang tindih antara tugas satu biro/prodi/fakultas dengan tugas lainnya, sehingga apabila sistem dapat berjalan dengan baik maka mekanismenya jelas dan taat azaz. Agar suatu mekanisme dapat berjalan maka diperlukan pedoman dan acuan yang matang dari Universitas.

Kegiatan AMI dapat dilakukan tingkat prodi lintas perguruan tinggi lain namun dengan catatan harus menyesuaikan pedoman di prodi tersebut, sedangkan AMI ekternal menggunakan pedoman DIKTI, BAN PT atau pedoman Inteenasional  dan lain sebagainya.

BPM  UNIDA GONTOR adalah lembaga dibawah rektor atau kepanjangan tangan dari rektor yg bertugas untuk melakukan jaminan mutu dalam universitas dan segala hal kegiatan dalam universitas. Monitoring dan evaluasi seluruh kegiatan, namun jauh sebelum ini pendiri pondok Gontor yaitu Trimurti pun telah memberikan amanah dalam pesannya yaitu Administrasi yang Rapi Wajib dan Mutlak, artinya segala hal seharusnya dilakukan dengan rapi lengkap dan terorganisir, jadi penting suatu univiersitas memiliki badan yg bertugas dalam hal tersebut. Harapannya mulai sekarang belajar untuk menyehatkan organisasi kita dengan belajar untuk melakukan segala hal dengan tertata rapi,.terdokumentasi dan terstruktur.

SEMOGA MUTU UNIDA GONTOR SEMAKIN BAIK DAN TERUS MENINGKAT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.