Workshop Ilmu Branding dan Marketing

penyerahan sertifikat narasumber oleh ketua Departemen Kreatifitas Mahasiswa kepada Ustadzah Dhika Amalia Kurnia S.e M.M

Selasa, 28 Desember 2021, Departemen Kreatifitas Mahasiswa UNIDA Gontor menyelenggrakan workshop dengan tema Branding dan Marketing. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari program hibah internal Universitas Darussalam Gontor kepada para mahasiswa untuk pendanaan PKM  (program kreatifitas Mahasiswa). Dalam agenda tersebut Departemen Kreatifitas Mahasiswa mengundang pembicara yaitu salah satu dosen program studi Manajemen, beliau adalah ustadzah Dhika Amalia Kurniawan, MM yang memiliki kepakaran dibidang branding dan marketing suatu bisnis.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan ilmu para peserta yang dinyatakan lolos hibah internal UNIDA yaitu skema PKM K (kewirausahaan), dan skema PKM KC (karsa cipta). Harapannya peserta dapat menerapkan ilmu tentang pembuatan merek dan unsur-unsurnya, melakukan branding terhadap produknya dan melaksanakan pemasaran melalui berbagai media yang tepat bagi produk yang dihasilkannya.

Pemateri, ustadzah Dhika Amalia Kurniawan, MM memaparkan tentang pentingnya membuat identitas produk dengan membuat merek yang mana merek dibuat dengan unsur kombinasi dari kata, symbol, warna, huruf maupun angka yang membedakan dengan produk lainnya, setelah peserta memiliki merek produk maka perlu dan wajib melakukan branding terhadap produknya, mislanya dengan membranding produknya sebagai produk yang unik, hemat, bermanfaat tinggi, atau misalnya branding produk herbal kesehatan berkualitas dan berbagai branding lainnya.

Lebih lanjut, beliau juga memeparkan ilmu tentang pemasaran yang dapat dilakukan para peserta workshop, yaitu pemasaran melalui media Advertising, sales promotion, personal selling , direct maketing dan publisitas. Beliau emnjelaskan dengan rinci masing-masing strategi tersebut hingga para peserta mampu memahami dan mampu menerapkannya, 

Diakhir sesi, pemateri memberikan tugas para peserta workshop untuk menyusun merek produknya, memberikan tag line, menentukan packing, membuat unsur-unsur dalam kemasaran seperti netto, komposisi, cara ppenggunan, diproduksi oleh, dan lain sebagainya). Hal ini bertujuan agar para peserta mampu mengimplementasikan ketika perlombaan PKM Internal nanti dilaksanakan.


SELAMAT BERJUANG DAN SELAMAT BERKARYA PARA PESERTA PKM INTERNAL UNIDA GONTOR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Translate »