Sehubung akan terjadinya gerhana bulan total yang terjadi pada tanggal 8 November 2022 ini yang bertepatan pada jam 18.00 WIB atau 19.00 WITA atau 20.00 WIT, nabi muhammad SAW menganjurkan kepada kita untuk melaksanakan sholat sunnah yang disebut sholat khusuf, seperti dalam hadist:

إِنَّ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ آيَتَانِ مِنْ آيَاتِ اللَّهِ لاَ يَنْكَسِفَانِ لِمَوْتِ أَحَدٍ وَلاَ لِحَيَاتِهِ فَإِذَا رَأَيْتُمُوهُمَا فَادْعُوا اللَّهَ وَصَلُّوا حَتَّى يَنْجَلِي

Artinya: Sesungguhnya matahari dan bulan adalah sebuah tanda dari tanda-tanda Allah SWT. Keduanya tidak menjadi gerhana disebabkan kematian seseorang atau kelahirannya. Bila kalian mendapati gerhana, maka lakukanlah shalat dan berdoalah hingga selesai fenomena itu.(HR. bukhari, muslim dan ahmad)


ini merupakan salah satu bukti bahwa nabi menganjurkan kita untuk melaksanakan sholat tersebut sebagai bukti kebesaran Allah SWT dan sholat khusuf ini bersifat sunnah muakkad yang artinya perbuatan yang sangat dianjurkan dan setelah sholat gerhana ini dilanjutkan dengan khutbah sholat gerhana. Selain sholat, nabi menganjurkan kita untuk perbanyak doa ketika gerhana sedang berlangsung agar kita diberi keselamatan oleh allah karena allah berfirman dalam Q.S fushilat aya 37:

وَمِنْ اٰيٰتِهِ الَّيْلُ وَالنَّهَارُ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُۗ لَا تَسْجُدُوْا لِلشَّمْسِ وَلَا لِلْقَمَرِ وَاسْجُدُوْا لِلّٰهِ الَّذِيْ خَلَقَهُنَّ اِنْ كُنْتُمْ اِيَّاهُ تَعْبُدُوْنَ

Artinya: Dan sebagian dari tanda-tanda kebesaran-Nya ialah malam, siang, matahari dan bulan. Janganlah bersujud kepada matahari dan jangan (pula) kepada bulan, tetapi bersujudlah kepada Allah yang menciptakannya, jika kamu hanya menyembah kepada-Nya.

Dan ada juga hikmah yang bisa kita ambil dari kejadian gerhana ini seperti:

  1. Mengakui kita akan kebesaran dan kekuasaan allah

Ini membuktikan bahwasannya allah bisa melakukan apa saja dengan mudah, gerhana saja dibuat-NYA dengan mudah apalagi kita manusia yang kecil dan lemah ini, maka dari itu nabi menyarankan agar kita melaksanakan sholat, banyak berdoa dan perbanyak perbuatan amal baik agar allah semakin cinta terhadap kita.

  • Mengingatkan kita akan hari kiamat

Ketika kita ditunjukkan sebuah fenomena alam ini, maka akan terbenak didalam pikiran kita akan hari kiamat yang mana saat itu amalan dan tobat kita sudah tidak diterima oleh allah, maka dari itu kejadian ini mengingatkan kita untuk kurangi kemaksiatan dan perbanyaklah amal ibadah agar kita selamat di akhirat nanti.

penulis : (Rakan dzaikra ghufir/SAA)

Editor :(Achmad faried irfany/Manajemen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.